Buku Membawa Teman

11 Aug 2010

Banyak orang bilang, buku adalah sumber ilmu, buku adalah jendela dunia. Tapi sayangnya, saat ini posisi buku rasanya mulai tergeser oleh internet. Banyak orang yang lebih memilih utuk berselancar di dunia maya untuk membaca atau hanya sekedar up-date status. Ada juga yang bilang “ngapain beli buku, sekarang kan udah ada internet, tinggal browsing aja.” Tapi tidak demikian bagi saya. Lagi pula sampai sekarang saya masih kesulitan kalau mencari materi kuliah dari internet-mungkin karena saya agak-agak gaptek, kali ya..- bagi saya lebih mudah mencari dari buku. Saya pernah mendengar ungkapan ‘perjalanan membawa teman’, maksudnya dalam perjalanan kemungkinan kita bertemu dengan orang banyak dan menjalin pertemanan. Begitu pula dengan buku-setidaknya bagi saya.

Dari pengalaman saya, buku memang bisa membawa teman. Buku bisa menjadi awal dari pertemanan. Beberapa waktu yang lalu, saya mendapatkan sms dari seorang teman. Katanya, dia teman SMP saya, sayangnya saya tidak ingat sama sekali. Saya tanya, “kita sekelasnya kelas berapa?”. Kemudian dia menjawab kalau kami tidak pernah sekelas, katanya lagi kami berkenalan karena waktu itu sama-sama suka membaca komik Detective Conan. Meskipun saya masih tidak ingat wajahnya, tetapi sms itu dapat menggambarkan bagaimana buku bisa menjadi awal dari pertemanan.

Masih ketika saya SMP, saya berkenalan dengan seorang teman dari kelas lain tapi hanya sebatas kenal nama dan wajah saja. Ternyata kami mempunyai hobi yang sama, membaca buku. Kebetulan dia mempunyai koleksi buku yang cukup banyak. Karena seringnya saya meminjam buku padanya, kamipun semakin dekat dan akhirnya bersahabat. Bukan hanya dengan dia saja, dengan teman yang lain pun kami saling meminjamkan buku. Kebiasaan saling meminjam buku ini terus berlanjut hingga sekarang. Selain saling meminjam buku, kami juga saling bertukar informasi mengenai buku yang bagus dan kadang, jika ada waktu luang, kami berdiskusi membahas isi sebuah buku. Tidak hanya itu saja, bahkan jika ada event seperti bookfair atau bazaar buku, kami pergi bersama untuk hunting buku atau hanya sekedar window shoping.

Nah, jadi buku bukan hanya sebagai sumber ilmu atau jendela dunia saja tapi juga ‘membawa teman’ dan bisa mempererat pertemanan (ukhuwah). Mungkin itulah mengapa (peran) buku masih tidak tergantikan oleh internet- yang memiliki sumber yang begitu banya dan bisa didapatkan hanya dengan sekali klik. Pada kenyataannya pula, toko buku dan perpustakaan masih bertahan dan banyak dikunjungi.


TAGS buku peran buku fungsi buku sumber ilmu jendela dunia manfaat buku


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post